Minggu, 01 April 2012

Resume Kelompok 4

Struktur Pasar

menjelaskan tentang macam-macam pasar.

Struktur pasar
adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar bedasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri.

jenis-jenis pasar :

pasar persaingan sempurna
terjadi dimana, jumlah penjual dan pembeli yang banyak dengan produk yang besifat homogen atau produk yang sama.
  • sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
  • jumlah penjual dan pembeli banyak.
  • barang yang di jual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain.
  • penjual bersifat pengambil harga  (price taker).
  • harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply).
  • posisi tawar konsumen kuat.
  • sulit memperoleh keuntungan diatas rata-rata
  • sensitif terhadap perubahan harga.
  • mudah untuk masuk dan keluar dari pasar.
pasar persaingan tidak sempurna
dibagi menjadi beberapa bagian :
  • pasar monopoli : terjadi dimana, ketika hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
sifat-sifat pasar monopoli :
  1. hanya terdapat satu penjual atau produsen.
  2. harga dan jumlah kuantitas produk yang ditawarkan dikuasai oleh perusahaan monopoli.
  3. umumnya monopoli dijalankan oleh pemerintah untuk kepentingan orang banyak.
  4. sangat sulit untuk masuk kepasa karena peraturan undang-undang maupun butuh sumber daya yang sulit didapat.
  5. hanya ada satu jenis produk tanpa adanya alternatif pilihan.
  6. tidak butuh strategi dan promosi untuk sukses.
  • pasar oligopoli : suatu bentuk persaingan pasar yang didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam suatu wilayah area. umum nya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
sifat-sifat pasar oligopoli :
  1. harga produk yang dijual relatif sama.
  2. pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses.
  3. sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar.
  4. perubahan harga akan diikuti perusahaan lain.
  • pasar monopolistik : dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek/merupakan ciri dari produk masing-masing.
sifat-sifat pasar monopolistik :
  1. untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda.
  2. mirip dengan pasar persaingan sempurna.
  3. brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda.
  4. produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan meruba harga.
  5. relatif mudah keluar masuk pasar.
  • pasar duopoli : adalah suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar